Desain Logo

Desain Logo
Perusahaan | Distro | dll. Murah hanya 200rb Hub. 08117450827 | pin BB 22EBD491

Tuesday 12 March 2013

Tes Nuklir Korut Tak Hasilkan Radiasi Radioaktif

Foto : Lokasi uji coba nuklir Korut (AP)
Foto : Lokasi uji coba nuklir Korut (AP)
VIENNA - Sebulan yang lalu, Korea Utara (Korut) melakukan uji coba miniatur bom nuklirnya. Namun uji coba itu tidak memunculkan radiasi radioaktif.

Seorang pengamat dari Carnegie Endowment James Acton berpendapat, tanpa mendeteksi radioisotop, akan sulit membedakan uranium dan plutonium. Seperti diketahui, plutonium kerap menjadi zat yang digunakan untuk membuat bom atom.

Organisasi Pengawas Larangan Uji Coba Nuklir Kompreshesif (CTBTO) sampai saat ini belum menemukan tanda-tanda radiasi radioaktif. Hal ini justru akan mempersulit penyelidikan materi-materi yang digunakan Korut untuk melakukan uji coba nuklir itu.

Juru bicara CTBTO Annika Thunborg tidak memberi paparan secara lanjut mengenai uji coba itu. Namun menurutnya, kegagalan dalam deteksi partikel radioaktif mengindikasikan bahwa Korut telah berhasil mencegah munculnya radiasi lewat uji coba nuklirnya. Demikian, seperti diberitakan Reuters, Rabu (13/3/2013).

Uji coba nuklir Korut yang berlangsung pada 12 Februari lalu di bawah tanah menimbulkan ledakan yang jauh lebih kuat ketimbang uji coba sebelumnya. Pyongyang dinilai berhasil membuat miniatur senjata atom yang mematikan, namun sejumlah pengamat berpendapat bahwa bom yang dimiliki Korut memiliki kekuatan ledakan sebesar lima kiloton.

Jumlah itu jelas lebih kecil ketimbang bom atom yang dijatuhkan Amerika Serikat (AS) di Hiroshima dan Nagasaki pada Perang Dunia II. Pengamat AS juga yakin, kesuksesan uji coba itu membuat yakin Korut mengenai sistem persenjataannya, mereka bisa saja membangun misil berhulu ledak nuklir.

No comments:

Post a Comment

Internet Banking Panin

Mw prewed???

Mw prewed???
prewed | hub. 08117450827