Desain Logo

Desain Logo
Perusahaan | Distro | dll. Murah hanya 200rb Hub. 08117450827 | pin BB 22EBD491

Wednesday 27 March 2013

Maudy Koesnady Pentaskan Lakon Soekma Djaja

Jakarta: Sebagai wadah untuk mendekatkan masyarakat terhadap seni dan budaya Betawi, Ikatan Abang None Jakarta (Ianta) akan mementaskan lakon Soekma Djaja.

Ini merupakan lakon keempat setelah Cinta Dasima (2009), Doel (2010), dan Sangkala 9/10 (2011).

"Setiap lakon yang
kami pentaskan merupakan adaptasi dari lenong yang berkembang di Betawi. Pada 2009 kita angkat legenda Nyai Dasima yang berakar pada sejarah," ujar Produser Pementasan Soekma Djaja Maudy Koesnaedy, dalam jumpa pers di Gedung Kesenian Jakarta, Jakarta, Rabu (27/3).

Maudy menjelaskan pementasan lakon terbaru tersebut mengangkat kisah seniman Betawi di pinggiran Jakarta dalam mempertahankan tradisi musik Betawi, Gambang Kromong.

"Ini berdasarkan pada realitas yang ada di Ibu Kota. Apalagi, banyak seniman ondel-ondel yang dibawah pentas keliling di jalanan," paparnya.

Isi kisah Gambang Kromong berangkat dari keluarga Paman Jaya yang berhasil mempertahankan budaya Betawi.

"Di sini, kami mencoba menyelipkan unsur budaya agar generasi muda mampu menyukai dan melestarikan budaya," papar Maudy.

Lakon Soekma Djaja akan dipentaskan di Gedung Kesenian Jakarta, pada 5-6 Juni mendatang. Pementasan ini akan melibatkan 30 pemain.

"Persoalan generasi muda dalam berbagai kasus seperti persoalan kenakalan yang terjadi di sekitar Jakarta juga menjadi bumbu dalam lakon tersebut," tandasnya.

Ide untuk mengangkat tradisi dan legenda ke atas panggung menjadi perhatian. Apalagi, kesenian Betawi selalu digelar saat perayaan Hari Ulang Tahun Jakarta.

"Nah, ini yang menjadi perhatian. Biasanya selalu dipentaskan pada seremonial. Setelah itu kesenian Betawi seakan bobo deh," cetus Maudy.

Maudy merupakan mantan none Jakarta yang kini begitu fokus di kebudayaan Betawi. Baginya, kebudayaan harus diangkat ke permukaan di tengan era modernisasi yang semakin menggeliat di Ibu Kota.

"Pembangunan yang semakin masif menjadikan seniman terpinggirkan. Ini yang akan saya angkat agar kehidupan seniman Betawi terjamin," pungkasnya. (Iwan Kurniawan)

No comments:

Post a Comment

Internet Banking Panin

Mw prewed???

Mw prewed???
prewed | hub. 08117450827